Bupati Sleman Sambut Baik Program Satu Juta Domain Gratis

Pemberian domain gratis bagi komunitas dan UKM di Kabupaten Sleman oleh Kemenkominfo RI  mendapat apresiasi bupati sleman. Sosialisasi satu juta domain gratis yang diselenggaraakan di The Sahid Rich Hotel tersebut dibuka oleh bupati slemaan Drs. Sri Purnomo.Dalam sambutan pembukaannya bupati sleman antara lain menyampaikan bahwa di era teknologi informasi yang berkembang pesat, program tersebut tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempublikasikan usaha sehingga mendorong pergerakan ekonomi local ke arah yang lebih baik.

Dalam Visi Kabupaten Sleman 2016-2021, peningkatan aplikasi dan integrasi system e-Government merupakan salah satu poin penting yang terus digalakkan di berbagai bidang. Tugas tersebut tidak mudah mengingat perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat tidak dapat dijangkau semua lapisan masyarakat. Hal tersebut membawa konsekuensi bagi pemerintah untuk memberikan kemudahan akses teknologi informasi bagi masyarakat.

Program Satu Juta Domain Gratis tersebut menjadi solusi untuk mendorong pertumbuhan e-commerce local, menumbuhkan konten positif dalam negeri sekaligus melokalisir akses internet dalam negeri. mempercepat akses internet serta mewujudkan akses internet yang lebih terjangkau. Lebih lanjut disampaikan bahwa Data domain yang telah terdaftar dalam program satu juta domain hingga hari ini baru mencapai 1.400 domain dari total target sebesar 60.000 domain di DIY. Bupati berharap melalui sosialisasi ini dapat memacu masyarakat Sleman yang memiliki usaha kecil untuk segera mendaftarkan diri untuk memiliki domainnya. Terlebih saat ini tuntutan kemudahan transaksi online menjadi syarat wajib bisnis e-commerce.

Kepada seluruh peserta sosialisasi bupati berharap, peserta dapat menjadi agen perubahan di lingkup komunitas anda. Bupati berharap sosialisasi program ini tidak hanya berhenti disini namun harus kembali disebarluaskan oleh masing-masing peserta sehingga dapat mengundang lebih banyak pengguna domain ‘.id’  Namun yang perlu digarisbawahi adalah upaya maintenance domain itu sendiri. Banyak pengguna web yang hanya bersemangat di awal pembuatan domain namun justru lupa memperbaharui konten domain sehingga tidak menarik user untuk mengakses domain tersebut.

Terkait hal tersebut, bupati minta kepada dinas terkait untuk mengawal proses ini dengan membekali dan meningkatkan kemampuan para pengguna domain serta secara berkala melakukan evaluasi sehingga domain-domain yang telah terdaftar dapat terus berkembang dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi di wilayah kita.

Sedangkan Kepala Dinas Hubkominfo Kabupaten sleman Drs. Agoes SE. melaporkan bahwa  peserta sosialisasi sebanyak 200 orang yang terdiri dari Desa se kabupaten sleman, UKM, Sekolah dan komunitas pelaku pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>