Pelangi Budaya Bumi Merapi Berlangsung Meriah

gada sanggar-kembang-sakuraKegiatan Pelangi Budaya Bumi Merapi tahun 2016 untuk kedua kalinya yang berlangsung selama 3 hari, 23, 24 dan 25 September 2016 berjalan lancar dan mendapat sambutan yang meriah dari pengunjung walaupun kondisi cuaca yang tidak mendukung. Partisipasi masyarakat di 17 Kecamatan dan juga berbagai komunitas mahasiswa, seniman dan pemusik sangat bagus dalam mendukung perhelatan budaya ini.

Menurut AA Ayu Laksmi Dewi Kepala Dinas Budpar Sleman menyampaikan kegiatan pelangi budaya bumi merapi mengambil tema Merajut Keberagaman Budaya Bumi Merapi untuk Memantapkan Kekuatan Jati Diri Bangsa, merupakan sinergitas 3 kegiatan yakni festival kesenian Sleman, festival Bregodo Prajurit Tradisional dan karnaval pelangi budaya.

Ditambahkan oleh Ayu event pelangi budaya bumi Merapi dimaksudkan untuk mengemas kegiatan seni budaya untuk atraksi wisata di Kabupaten Sleman, memberikan ruang bagi masyarakat Sleman untuk mengenalkan potensi budaya dan seni tradicional di wilayahnya. Juga untuk memberikan ruang pada anak muda untuk mengembangkan ide kreatif dalam berkesenian dan untuk menjalin komunikasi budaya antar daerah/komunitas, mengingat wilayah Sleman memiliki penduduk dengan beragam latar belakang budaya, 

Kegiatan Festival Kesenian Sleman yang mengangkat potensi teater tradicional kerakyatan diikuti oleh 17 kecamatan, Festival Bregodo Prajurit Tradisional diikuti 34 bregodo perwakilan 17 kecamatan dan pelangi budaya diikuti 40 kelompok masyarakat, perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta, Pemerintah Kota Surabaya, serta 5 Komunitas mahasiswa dari luar daerah yakni Mahasiswa dari Lampung, Kalbar, Papua Barat, Riau dan NTB.

Untuk Festoval Kesenian Sleman keluar sebagai penyaji terbaik I Grup Srandul Manunggal Budaya dari Wukirsari  Cangkringan, II Dhadungawuk Ngudi Laras Tlogoadi Mlati, III Kethoprak Lesung Wulucumbu Kecamatan Gamping. Untuk Festival Bregodo Prajurit Tradisional keluar sebagai penyaji terbaik I Bregodo Dadang Rekso Sawahan Pandowoharjo Sleman, II Bregodo Pawireng Sigenting Gentingan Sidoagung Godean, III Bregodo Sastro Wilogo Menulis Sumbersari Moyudan dan untuk Karnaval pelangi budaya bumi Merapi keluar sebagai penyaji terbaik Sanggar Tari Kembang Sakura, II Rumaria Jogja dan III RM Pringsewu. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp 64 Juta. Kegiatan ditutup oleh Asisten Sekda Bidang Pembangunan Dra. Suyamsih, MPd, yang sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *