Bimtek Jurnalistik Bagi KIM dan Pengelola Website Kapanewon

Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sleman menggelar acara Bimtek Jurnalistik dan Pengelolaan Website bagi KIM dan Kapanewon di Ruang Laboratorium Komputer Dinas Kominfo Sleman pada Rabu 22/06/2021. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis penulisan berita serta penyebarluasan informasi positif kepada masyarakat. Sebagai peserta dalam acara ini adalah para anggota KIM potensial yang berasal dari Kapanewon Moyudan dan Kapanewon Ngaglik dan juga pengelola website dari Kapanewon tersebut.

Dalam pengantarnya Noor Hidayati Zakiah Pramulani selaku Kepala Bidang Komunikasi dan informasi Publik mengatakan bahwa KIM berperan besar dalam desimenasi informasi atau penyebaran informasi ke masyarakat.
“Desimenasi adalah suatu kegiatan Penyebaran informasi yang ditujukan kepada masyarakat agar mereka yang memperoleh informasi timbul kesadaran, menerima, mengubah perilaku dan akhirnya mampu memanfaatkan informasi tersebut dengan baik.” katanya.

Untuk itu, lanjut nya, dalam penulisan berita harus memenuhi kaidah educating (mendidik), enlightening (mencerahkan), empowering (memberdayakan) dan Nasionalism ( kebangsaan).
“Jadi sebuah berita harus mampu mendidik pembacanya, memberikan pencerahan, mampu memberdayakan serta harus berwawasan kebangsaan.”lanjutnya

Sejalan dengan itu Yudiarto Setiawan selaku Kepala seksi berharap dengan adanya Bimtek ini akan berkembang bibit muda di bidang jurnalistik yang berperan besar untuk . mengangkat potensi daerah masing-masing.

“Ke depan pengiriman naskah Berita tidak saja di Media Center Sleman dengan melalui aplikasi WhatsApp tapi bisa juga dikirim melalui website Kapanewon sehingga karya jurnalistik KIM akan semakin banyak dibaca dan diketahui oleh masyarakat luas terlebih bila masuk portal Info Publik milik Kementerian Kominfo karyanya bisa dinikmati oleh pembaca di seluruh wilayah Nusantara” jelas Yudiarto Setiawan.

Kegiatan Ini merupakan pilot projects yang akan dilihat hasilnya dalam beberapa bulan ke depan apakah akan mengalami peningkatan dari sisi kualitas maupun kuantitas penulisan berita sehingga akan diikuti oleh Kapanewon yang lain.

Dari narasumber diberikan materi tentang cara penulisan yang memenuhi kaidah jurnalistik dan juga materi pengambilan foto atau gambar sebagai penunjang berita, selain itu juga diberikan materi mengenai bagaimana mengirim Berita melalu website Kapanewon. (Upik Wahyuni/KIM Donoharjo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*