Gatot Saptadi Tegaskan, Toko Modern Tidak Boleh Berlokasi Dekat Pasar Tradisional

Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi secara tegas memerintahkan agar toko modern yang berjarak kurang dari 1 km dari pasar tradisional segera menutup usahanya. Toko modern tersebut harus tutup karena melanggar Perda Kabupaten Sleman nomor 18 tahun 2012 tentang Izin Usaha Pusat Perbelanjaan dan Izin Usaha Toko Modern. Gatot memberikan batas waktu sampai akhir Desember 2015 kepada pemilik toko modern untuk menutup sendiri. Bila sampai akhir batas waktu tersebut belum ditutup maka Pemkab Sleman akan menindak tegas dan melakukan penutupan toko modern yang melanggar aturan.

Penegasan ini disampaikan Gatot di depan perwakilan dari 3 toko modern yang diundang dalam Rapat Koordinasi pada hari ini Selasa, 8 September 2015. Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman saat ini jumlah toko modern yang beroperasi di Sleman ada 180 unit. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 89 unit toko modern yang berjarak kurang dari 1 km dari pasar tradisional, sedang sisanya sebanyak 91 unit berjarak lebih dari 1 km.

Gatot mengatakan untuk toko modern yang berjarak kurang dari 1 km tersebut diperintahkan untuk menutup atau memindah lokasi usahanya. Sementara itu kepada 91 unit toko modern yang berjarak lebih dari 1 km dari pasar tradisional, Gatot memerintahkan agar segera mengurus perizinan. Ada  hal pokok yang perlu dipatuhi dalam mendirikan toko modern yaitu Kesesuaian dengan tata ruang, jarak dengan pasar tradisional (1 km) dan Kemitraan (5% produk lokal dan 60% tenaga kerja lingkup Sleman).

Ditambahkan Gatot untuk toko modern yang berjarak lebih dari 1 km dari pasar tradisional diberikan tenggang waktu 1 tahun untuk menyelesaikan perizinan. Pemkab Sleman berkomitmen untuk membantu mempercepat perizinan dengan syarat semua dokumen lengkap dan benar. Izin yang harus dipenuhi oleh toko modern meliputi Izin Peruntukan Tanah (IPT), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Dokumen lingkungan, Izin Gangguan dan Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Pada kesempatan tersebut Gatot juga menegaskan bahwa selama toko modern yang sudah ada ini belum menyelesaikan perizinan maka Pemkab Sleman tidak akan mengeluarkan izin baru bagi toko modern.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*