Pelatihan Pengelolaan Sampah Mandiri

Bertempat di Aula Kecamatan Ngaglik diselenggarakan pelatihan pengelolaan sampah mandiri oleh masyarakat. Kegiatan pelatihan dibagi dalam 2 angkatan, angkatan I dari desa Sukoharjo, Minomartani dan Sinduharjo pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2017. Angkatan II dari desa Sariharjo, Donoharjo dan Sardonoharjo pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2017.

Pada hari pertama peserta diberi tentang pentingnya pengelolaan sampah secara mandiri dengan metode 3 R (reduce, reuse, recycle) dengan nara sumber Bapak Suryantono dari Dinas Lingkungan Hidup dan praktisi bidang pengelolaan sampah Ibu Handayani (Pimpinan Bank Sampah Handayani) dan Bapak Istiaji Subekti Ketua Aksani Kab. Sleman. Sedangkan pada hari ke II peserta selain di ruangan juga diadakan studi lapangan bertempat di Pendulan Sumber agung Mmoyudan Sleman.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan tumbuh kelompok-kelompok baru untuk pengelolaan sampah secara mandiri dimasyarakat di seluruh desa di Kecamatan Ngaglik. Juga menjadi kader lingkungan di masing-masing desa asal peserta.

Pengurangan sampah dengan metode 3 R berbasis masyarakat lebih menekankan kepada cara pengurangan sampah yang secara individu, rumah atau kawasan seperti RT ataupun RW. Dari pendekatan tersebut di dalam pelaksanaan pengelolaan sampah 3R berbasis masyarakat terdapat tiga kegiatan yang harus dilaksanakan secara sinergi dan kerkesinambungan, yaitu :
1. Proses pengelolaan sampah sejak dikeluarkan oleh masyarakat.
2. Proses pemahamam masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan metoda 3R
3. Proses pendampingan kepada masyarakat pelaku 3R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*