Pemantauan Makanan Kadaluarsa di WIlayah Ngaglik

100_7550pantau1

Ngaglik, 30 Juli 2013,

Tim Pemantauan Makanan Kadaluarsa Kecamatan Ngaglik mengadakan pantauan dan monitoring makanan di pasar-pasar tradisional, warung serta toko di wilayah Ngaglik.  Tim Pemantau sebelum melaksanakan monitoring diberi arahan oleh Bpk Drs Suyudi,MM selaku Camat Ngaglik di Aula Gedung Lama Ngaglik. Arahan dimaksudkan untuk memberi kesamaan persepsi tentang langkah-langka pemantauan, yaitu melakukan pembinaan apabila menemui makanan yang tidak layak konsumsi masih beredar. Selanjutnya setelah diberi pembinaan, pada kesempatan berikutnya dapat dilaksanakan Razia. Karena Camat Ngaglik masih harus menyampaikan arahan untuk Rois se Kecamatan Ngaglik, maka Pelaksanaan Pemantauan dipimpin langsung oleh Sekretaris Kecamatan (Stiti Anggraeni Sp,SH,MM)

Setelah briefing, Tim yang terdiri dari Unsur Kecamatan, Polsek, Koramil, Puskesamas bergerak melakukan kegiatan rutin monitoring makanan di pasar Gentan dan Rejodani serta sepanjang Jalan Kaliurang serta Jalan Palagan Tentara Pelajar.  Monitoring ini adalah untuk mencegah peredaran bahan makanan yang kadaluarsa dan mengandung bahan-bahan berbahaya atau tidak diperkenankan untuk bahan makanan.  Dari hasil monitoring di pasar Gentan dan Pasar Rejodani dijumpai beberapa bahan makanan yang tidak layak Konsumsi, yaitu daging ayam yang kadaluarsa, berwarna kebiruan serta roti/kue mengandung zat-zat berbahaya seperti Rhodamin B yang diperuntukkan sebagai pewarna textil,

Kepada penjual yang memperdagangkan bahan makanan tidak layak tersebut diberi pembinaan serta diminta untuk menanda tangani surat pernyataan untuk tidak menjual serta mengulangi.  Tim Pemantau Makanan Kadaluarsa menghimbau agar masyarakat dapat menjadi konsumen yang cerdas, selalu memeriksa barang-barang yang akan dibeli, misalkan dengan mengecek kemasannya, apakah sudah terdaftar di BPOM, tanggal kadaluarsa/ kemasannya. Jika barang tersebut tidak layak konsumsi sebaiknya jangan diterima/dibeli.  Untuk para pedagang yang kepadatan menjual barang-barang yang menyalahi aturan berlaku, apabila masih didapati mengulangi tindakan tersebut, barang dagangannya akan disita dan dimusnahkan.

Para pedagang, terutama di pasar tradisional dan warung/toko sederhana, seringkali kurang teliti karena tidak tahuan mereka, atau karena kurangnya informasi. Untuk itu.  Tim Pemantau terus melakukan sosialisasi kepada produsen dan pedagang tentang zat-zat berbahaya yang tidak diperbolehkan untuk digunakan pada bahan makanan.

Sedangkan pada pemantauan Toko disepanjang jalan Kaliurang dan Palagan Tentara Pelajar, dijumpai minuman kemasan yang telah kadaluarsa. Serta produk-produk Roti dan Kue yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsanya.

 (Seksi Tramtib)

Author:

4 thoughts on “Pemantauan Makanan Kadaluarsa di WIlayah Ngaglik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *