Sekolah Lanjut Usia Baiturrahman Klidon Resmi Dibuka

Ngaglik – Sabtu (1/9), Ketua Posdaya Berbasis Masjid Masjid Besar Baiturrahman Klidon Suripto menyampaikan latar belakang dirikannya Sekolah Lanjut Usia (Lansia) di Baiturrahman Klidon adalah untuk melengkapi program Posdaya, yang sebelumnya terdiri dari PAUD/KB, TKA, TPA, dan Remaja Masjid.
“Lansia di DIY tertinggi di Indonesia termasuk Umur Harapan Hidup juga tinggi, untuk itu agar para lansia dapat stimulasi maka perlu dibuka sekolah lansia ini,” ucap Suripto.
Sejak bulan Agustus 2018 diumumkan bahwa di Baiturrahman akan membuka Sekolah Lanjut Usia atau SLU Baiturrahman sejak itu pula banyak yang ingin bergabung sekolah lansia ini. “Sampai pada waktu peresmian telah terdaftar dan mengikuti pembukaan sejumlah 56 orang peserta dari target sasaran 60 orang,” lanjutnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Sleman, Eko Suharyono, menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan akan berusaha mendukung dan kebetulan kegiatan sekolah ini meliputi pendidikan nonformal antara lain tentang keagamaan, keaksaraan, kecakapan hidup, dan pemberdayaan.
“Untuk itu segera diusulkan dengan melengkapi syarat pendirian sekolah yaitu izin pendirian sekolah, bentuk struktur organisasi lembaga Sekolah Lansia Baiturrahman supaya menjadi sekolah resmi,” tutur Eko.
Kepala Desa Sukoharjo Hadi Subronto pun berharap melalui sekolah ini, para lansia bisa mendapatkan ilmu terkait lansia sehingga para lansia bisa tetap sehat dan sejahtera.
Launching Sekolah Lansia Baiturrahman Klidon ditandai dengan tanda tangan papan yang telah disediakan. Dilanjutkan dengan diskusi singkat yang menghasilkan rencana pembelajaran yakni sebulan sekali tiap minggu keempat hari Sabtu pukul 10.00 WIB.
Tataran tingkatan Sekolah Lansia untuk tahun pertama sebagai S1 Dasar, dilanjutkan tahun kedua sebagai lanjutan S2 sebagai intermediate/menengah, dan S3 sebagai advance/lanjut. Setiap akhir pembelajaran ada ujian dan ada wisuda sekolah lansia. (Suripto)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*